SHARE

October 2013 (Written in Bahasa Indonesia)

Tidak banyak yang tahu bahwa 60% dari wilayah Hongkong adalah ruang terbuka yang terkenal dengan taman dan pantainya. Salah satu tempat favorit untuk melepas kepenatan kota adalah wisata pantai!

Pantai Ham Tim
Pantai Ham Tim

Cukup dengan menuju teluk Tai Long Wan yang terletak di Sai Kung East Country Park. Disini Anda dapat melihat pemandangan spektakuler seperti pegunungan, laut, pantai dengan pasir putih, dan air mancur yang indah.

Lokasi Tai Long Wan cukup terpencil dari kota, yaitu dengan jarak sekitar 20km dari kota terdekat. Namun, apabila Anda kesana Anda dapat melihat dan merasakan pantai di teluk Tai Long Wang. Terdapat 4 pantai di teluk Tai Long Wang yaitu Sai Wan, Ham Tin, Tai Wan, dan Tung Wan. Semua pantai ini selain memiliki pantai yang indah juga cocok untuk kemping dan belajar surfing.  Anda hanya perlu memilih pantai mana yang akan Anda jadikan tempat kemping.

Banyak teman baru di tempat kemping : )

Alternatif Transportasi

Perjalanan menuju Tai Long Wang dengan transportasi umum akan memakan waktu sekitar 1.5 hingga 2 jam. Waktu ini belum termasuk perjalanan Anda hiking menuju lokasi pantai. Cara paling mudah adalah memulai perjalanan dengan MTR. Terdapat 3 alternatif yaitu:

  1. Menggunakan MTR ke Choi Hung (jalur hijau), keluar di pintu C dan lanjut dengan mini bus nomor 1A ke Sai Kung
  2. Menggunakan MTR ke  Hang Hau (jalur ungu), keluar di pintu B dan lanjut jalan ke terminal bis di kiri Anda, dan naik mini bus hijau nomor 101
  3. Menggunakan MTR ke Diamond Hill (jalur hijau) , keluar di pintu C dan lanjut dengan bis nomor 92.

Kemudian, setelah sampai di Sai Kung Anda dapat memilih pilihan ini untuk melanjutkan perjalanan ke pantai.

  1. Naik bus nomor 94 dari Stasiun bus Sentral Sai Kung, kemudian turun di Pak Tam Au. Lalu, lanjut dengan hiking sekitar 70-90 menit ke pantai Ham Tim atau pantai Tai Wan
  2. Naik mini bus nomor 29R atau taksi ke Sai Wan Pavilion. Kemudian, melanjutkan perjalanan hiking sekitar 80-90menit ke pantai Ham Tin atau pantai Tai Wan.

Wisata pantai ini saat di perjalanan hiking menuju lokasi akan cukup melelahkan karena trek yang panjang dan tidak datar. Selama perjalanan tidak ada tempat istirahat seperti toko maupun toilet. Sehingga, disarankan untuk membawa cadangan makanan dan minuman, terutama cuaca Hongkong pada siang hari sangat terik. Selain itu, disarankan untuk membawa senter karena tidak ada lampu di malam hari. Trek hiking sangat melelahkan karena kemiringannya yang hampir 40 derajat dan naik turun tangga. Namun, trek menuju pantai sangat terawat, dimana sudah beraspal, papan petunjuk, dan dengan jalur tersendiri. Saat kemping, dapat memilih untuk membawa tenda sendiri atau menyewa di pantai. Namun, penyewaan hanya dapat dilakukan di pantai Ham Tim. Karena, disana terdapat 2 kafe dan mereka memberikan fasilitas penyewaan tenda. Selain itu, tidak perlu khawatir karena ada fasilitas toilet umum. Party time ;)

Pantai Ham Tim sangat populer tidak hanya di kalangan anak muda, namun untuk rekreasi keluarga. Fasilitas yang cukup lengkap seperti kafe, toilet, penyewaan papan surf, dan penyewaan tenda, membuat pantai ini selalu ramai terutama di hari pekan. Pada saat kemping disarankan untuk memasang tenda jauh dari laut, karena malam hari air laut akan pasang hingga jauh ke pantai. Selain itu, tidak ada batas khusus dimana biasanya air akan pasang. Tentu saja bukanlah hal yang menyenangkan bila Anda terbangun di saat subuh karena tenda Anda terendam air (pernah mencoba dan memang tidak enak…x D )

Di malam hari Anda dapat menikmati suasana di dekat api unggun. Untuk keesokan harinya, Anda dapat menikmati pantai untuk berenang atau hanya bersantai di pinggir pantai. Makan siang di kafe bersama tidak hanya orang lokal namun banyak turis luar atau ekspat yang kemping. Salah satu keunikan hiking di Hongkong, Anda tetap mendapat sinyal handphone atau gps. Jadi, Anda selalu dapat mengecek keberadaan melalui Google Map!

Sunrise di Pantai Ham Tim
Sunrise di Pantai Ham Tim

 

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here